Jumat, 07 Desember 2007

body langguage

TANDA-TANDA GERAKAN TUBUH YANG POSITIF

1.  MEMIRINGKAN KEPALA

    memiringkan kepala terkadang saat tertarik pada apa yang kita lihat atau dengar, lanjutkan terus presentasi, tapi bila kepala turun  kedada atau lurus kedepan anda harus memancing untuk berpartisipasi mengubah posisinya.

2.  MELETAKKAN TANGAN DI PIPI

    ini menunjukkan evaluasi positif tentang presentasi anda. dalam hal ini tangan dipipi tidak menyangga kepala. biasanya tangan menyentuh dahi, tapi bila mulai terlihat menyangga kepala berarti mulai berkurang minatnya.

3.  MENGGIGIT GAGANG KACA MATA

    tergantung juga yang dia pegang.. bisa ballpaint atu bahkan bibir dia sendiri. hal ini menunjukkan bahwa dia sedang melakukan evaluasi atau penilaian.. biasa terjadi ketika akan mencapai suatu keputusan, kadang juga ini dilakukan untuk menunda keputusan karena dengan menyibukkan menggigit sesuatu orang tersebut tidak merasa berkewajiban langsung memberi tanggapan.

4.  MENCONDONGKAN TUBUH KEDEPAN

    ini berarti mulai tertarik, tapi jangan salah sangka seperti sikap tangan dilutut seperti start lari.. karena kemungkinan orang tersebut bersiap walk out.

5.   MEMBENTUK JARI TANGAN SEPERTI PYRAMID

    gerakan ini diinterprestasikan secara terpisah. maknanya adalah orang tersebut menunjukkan sikap percaya diri dan positif. hanya saja ia percaya dengan anda atau dengan kemampuan pengetahuan yang mereka miliki.

6.   MEMASUKKAN TANGAN

    biasa dilakukan dalam kantong saku celana.. ini menunjukkan percaya diri yang tinggi.. tapi jangan sekali dilakukan didepan pendengar anda, karena akan di artikan sebagai sikap arogan dan sombong.

7.   MELETAKKAN KEDUA TANGAN DI BELAKANG KEPALA

    biasa dilakukan kaum pria, biasa diartikan mereka puas dan sudah tahu kemana tujuan anda bicara.

 

TANDA-TANDA GERAKAN TUBUH YANG NEGATIF

1.  EVALUASI YANG MENGKRITIK

    dilakukan pendengar yang cenderung selalu ingin mengkritik pembicaraan. telunjuk diletakkan dipipi kearah atas, ibu jari menyangga dagu dan jari tengah disamping mulut

2.   SEOLAH MENARIK BULU TANGAN

    berati ketidaksetujuan dalam hal tersebut tidak lagi memandang pembicara ia sibuk dengan pandangan ke tangannya.

3.   MENARIK LEHER BAJU

    sebenarnya ia sedang marah, kecewa atau merasa tertipu.. dia merasa seakan kelenjar lehernya mengelembung sehingga membuatnya terasa tidak leluasa bernafas.

4.   MEMEGANG LEHER ATAU MENEPUK LEHER BELAKANG

    sama dengan diatas... he..he... (nomor 3)

5.   KEDIPAN MATA YANG LAMBAT

     sering digunakan orang yang merasa dirinya lebih baik, lebih bijaksana, lebih kaya atau lebih pandai dari anda. biasanya diikuti dengan menaikkan telapak kaki agar terlihat labih tinggi sampai kadang menutup mata karena memandang rendah anda.

6.   KAKI DIATAS KURSI

    biasanya ia terlalu santai, masa bodoh dan bentuk penguasaan wilayahnya.

7.   MEMBALIKKAN KURSI

    terkadang ni berarti dominasi wilayah dan kekuasaan... jangan sekali terlalu beradu argumen dengan orang yang bersikap seperti ini karena berakibat ribut.. minta saja dia untuk segera membalik kursinya dengan segera.

8.   MENGGOSOK TANGAN DENGAN LAMBAT

     cepat atau lambat menggosok tangan biasa diibaratkan emosi (bisa baik dan buruk) gosokan cepat karena dia tertarik dan ingin semua orang melihat dan perduli. gosokan lambat digunakan karena ada celah mengharapkan keuntungan secara pribadi.

 

Hal tersebut diatas disadur dari "QUESTION ARE THE ANSWER" / "PERTANYAAN MERUPAKAN JAWABAN" karya ALLAN PEASE (pengarang BODY LANGGUAGE dalam 33 bahasa)