Rabu, 27 Februari 2008

tentang SHARE di XP

Mengapa seh WINDOWS makin lama makin bikin kepala ane pening... hari in aku agak kesel banget.. file sharing cabinet yang biasa menggunakan win-98 ku upgrade ke XP SP2.. eh ga taunya semua file yang aku share di cabienet tersebut bisa diakses oleh kompie laen tanpa mesti minta password dulu.. padahal dah ku set pake password buat ngidupinnya.. padahal dulu di win-98 setiap file yang di share pasti ditanyakan tentang passord dulu.. nah ini mau ane kasi password seperti di win-98 ndak ada gambaran di file Sharing & Security.. kalo kata temen-temen tentang Cara paling gampang adalah jika data-data kamu berada di drive lain, dimana terbuka untuk semua user, maka bisa ikuti langkah2 berikut, dimana juga menggunakan pembatasan hak akses user, tanpa tools.

1. Buka windows explorer --> Tools --> Folder Option --> View
2. Scroll ke bwah, dan hilangkan tanda cross check pada: Use Simple File Sharing (Recomended), trus klik OK.

nah, itu langkah pertama. Selanjutnya, kita tinggal menggunakan pembatasan hak akses user pada file (folder)kita. Langkah2 nya seperti berikut:

1. Buka windows explorer dan cari file (folder) yg ingin diproteksi.
2. Klik kanan file (Folder) tersebut, lalu pilih properties.
3. Pilih jendela properties, klik tab security
4. Di jendela security akan terdapat kolom yg berisi user2 yg berhak mengakses folder tersebut, nah user yg tidak kamu inginkan bisa kamu delete. Klo pengen ekstrem, hapus saja semua usernya, dan sisakan user kamu.

Tapi tetep aja semua itu gak bisa kuteruskan karena ga bisa pembatasan user dari kompie laen.. jadi musti dari kompie aku sendiri yang bisa ngakses and aku ga bisa menambah kompie mana aja yang boleh ngakses karena tab "add" cuman menampung user dari kompie aku aja.  Mana pas pertama ga bisa keluar tab security gara-gara masih pake partisi FAT32... kan share security musti jalan di NTFS "baru tau seh sebenarnya" karena FAT32 adalah filesystem tanpa proteksi, sehingga dapat diakses oleh siapa saja dan dari operating siapa saja.sementara NTFS semakin populer seiring windows XP dan propaganda microsoft (untuk partisi diatas 20GB mesti pake NTFS, begitu kata windows explorer, pada nyatanya FAT32 mendukung hingga 200GB, gunakan partition magic).FAT32 juga populer dikalangan UNIX based. karena sifatnya. sehingga dapat diakses dari UNIX based maupun windows.
tetapi kekurangan yg cukup disayangkan, FAT32 tidak dapat menyimpan file yang ukurannya 4GB ke atas.

jadi aku mohon buat semua yang bisa membantu... tolonglah aku ini... pa musti aku pake tool laens selaen operasi WINDOWS XP sendiri ?? ga lengkap dong lok gitu tool Windows XP sendiri ??