Senin, 21 April 2014

10 Tip dan Trik Google yang Jarang Diketahui

10 Tip dan Trik Google yang Jarang Diketahui

Di bawah ini adalah 10 Tip dan Trik Google yang jarang diketahui oleh pengguna search engine terbesar ini. Tidak ada salahnya kita ketahui, karena mungkin bisa saja memudahkan kita di waktu yang akan datang. Apasajakah tip dan triknya? Berikut saya tuliskan. 

1. Definisi
Temukan definisi dari suatu kata dengan mengetikkan define diikuti oleh kata yang ingin anda ketahui defenisinya. Misalnya, mengetik define blog akan menampilkan definisi dari kata blog. Anda juga bisa menggunakan kata adalah, ialah, atau yaitu setelah kata yang anda ketikkan. Contoh: blog adalah
2. Lokal pencarian
Kunjungi Google Local dan masukkan ke area yang ingin anda cari dan kata kunci dari tempat yang ingin anda temukan. Misalnya, mengetik: restoran yang akan menampilkan restoran lokal.
3. Mengisi bidang kosong
Terkadang, cara terbaik untuk mengajukan pertanyaan adalah meminta Google untuk ‘mengisi bidang kosong’ dengan menambahkan tanda bintang (*) di bagian kalimat atau pertanyaan yang diinginkan dalam kotak penelusuran Google. Seperti mengetikkan penemu Benua Amerika adalah *
4. Cari cuaca dan film
Ketik "cuaca" atau "film" diikuti dengan kode pos atau kota dan negara untuk menampilkan kondisi cuaca saat ini atau bioskop di daerah Anda. Misalnya, mengetik cuaca jakarta memberikan kondisi cuaca saat ini Jakarta dan empat hari berikutnya. Mengetik film jakarta akan memberikan link untuk jadwal tayang untuk film di daerah itu.
5. Skor Olahraga
Untuk melihat skor dan jadwal pertandingan olahraga, ketik nama tim atau nama liga pertandingan ke kotak telusur. Seperti Real Madrid untuk mengetahui skor terbaru dari klub sepakbola Real Madrid.
6. Menterjemahkan
Menerjemahkan teks, halaman web penuh, atau pencarian dengan menggunakan  Google Language Tools. .
7. Halaman yang terhubung dengan website anda
Temukan halaman web lain yang terhubung ke website atau blog anda dengan mengetikkan link: diikuti dengan URL anda. Misalnya, mengetik link:  http://apasajakah.blogspot.com  menampilkan semua halaman yang terhubung ke blog Apasajakah.
8. Mencari file PDF saja
Tambahkan filetype: untuk pencarian Anda menampilkan hasil yang hanya cocok dengan tipe file tertentu. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan hasil PDF hanya ketik: "trik komputer" filetype: pdf - ini adalah cara yang bagus untuk menemukan ebook seputar trik komputer.
9. Kalkulator
Gunakan mesin pencari Google sebagai kalkulator dengan mengetikkan soal matematika dalam pencarian. Misalnya, mengetik: 100 + 200 akan menampilkan hasil sebagai 300.
10. Pemeriksa Ejaan
Perangkat lunak pemeriksa ejaan Google akan memeriksa secara otomatis jika permintaan Anda menggunakan ejaan paling umum untuk kata tertentu. Jika Anda dianggap cenderung memperoleh hasil lebih baik dengan ejaan alternatif, maka perangkat akan menanyakan “Apakah maksud Anda: (ejaan yang lebih umum)?”. Klik saran ejaan untuk meluncurkan penelusuran Google bagi kata atau frasa tersebut.

copas from here