Selasa, 18 September 2007

Disable Autorun

Saat ini rata-rata paling gampang banget komputer kena virus komputer, apalagi yang pake Windows XP (tau knapa windows gampang kena virus ga kayak LINUX) dan sering bawa USB Flashdisk, MMC ke warnet ato minjem tempat laen ato bermain ke dunia pornografi...  menurut kebanyakan kata teman sih, karena pengembang virus memanfaatkan salah satu fitur di Windows XP yaitu Autorun untuk Removable media.

Salah satu tips agar tidak gampang kena virus komputer selain install anti virus + updatenya (Antivirus tanpa Update = Tentara tanpa pasukan dan senjata) , tentu dengan menon-aktifkan fitur autorun pada komputer tersebut. aku dah mempraktikkan tips ini di komputer aku, kantor dan beberapa komputer yang pernah temen yang pernah ku pake. Dan hasilnya relatif jarang kena virus. Karena meskipun dicolokin flashdisk tidak akan langsung nge-scan file yang ada didalamnya.

Nah, dulu aku menon-aktifkan fitur Autorun itu dari registry, jadi buat yg awam rada2 susah, apalagi kalo tidak hati-hati malah bisa rewel windows-nya. Namun sekarang aku nyadar, rupanya ada cara yang lebih mudah. coba perhatikan dibawah ini dan pastikan kebenaranya, kalo salah tolong di kasi comment

untuk paling utama pastikan anda login sebagai Administrator atau mendapat hak akses sebagai Administrator dari komputer tersebut, kemudian ikuti step dibawah ini :

  1. Klik Start, Run, pada editor yang muncul ketik gpedit.msc
  2. Selanjutnya akan muncul Group Policy Object Editor.
    Cari Local Computer Policy -> Computer Configuration -> Administrative Templates -> System
  3. Klik ganda item “Turn Off Autoplay” kemudian pilih “Disable”
  4. Lalu Restart kembali

ternyata Gampang kan? ................>>>>>>>>>>>> !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!