Senin, 15 Juni 2009

Tiket Elektronik

Nyang mau nyebrang dari Lampung ke luar wilayah provinsi lampung sekarang ada hal baru di pelabuhan Bakauheni.. neh berita serunya.. jadi pengen nyoba..

enI (Lampost): Penggunaan sistem tiket elektronik pada jasa penyeberangan akan meminimalisasi kebocoran pendapatan negara. Bahkan, kebocoran yang mencapai 3% dari penjualan tiket dapat dihapus karena kontrol yang akurat dari sistem itu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Djamal mengatakan penggunaan tiket elektronik adalah salah satu upaya modernisasi operasional pelabuhan dan kapal. Upaya yang diagendakan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP IF) itu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jasa penyeberangan. "Terutama (pelaksanaan tiket elektronik, red) dapat meminimalisasikan kebocoran pendapatan," kata dia saat meresmikan penggunaan tiket elektronik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Senin (15-6).

Menurut Menteri, sesuai dengan misi PT ASDP IF, pihaknya berupaya menciptakan angkutan yang aman, nyaman, terjangkau, tepat waktu, dan menguntungkan semua pihak. Dia berharap seluruh jajaran PT ASDP IF dapat bekerja sungguh-sungguh untuk kepentingan bangsa, negara, dan masyarakat dalam upaya pelaksanaan modernisasi industri penyeberangan.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama (Dirut) PT ASDP IF Bambang Soerjanto menjelaskan tingkat kebocoran pendapatan yang terjadi selama ini mencapai 3% dari penjualan tiket jasa penyeberangan. Pasalnya, tiket yang telah laku terjual tidak dapat terkontrol dengan pengawasan manual. "Namun melalui tiket elektronik, pengawasan akan langsung diterima manajemen PT ASDP IF Pusat sehingga kebocoran pendapatan tidak akan terjadi lagi," kata dia kepada Lampung Post, kemarin.

Menurut Bambang, Bakauheni adalah pelabuhan kedua yang memberlakukan sistem tiket elektronik. Setelah sebelumnya Pelabuhan Merak lebih dahulu mengoperasikan sistem tersebut. Dan ke depan dari 33 pelabuhan penyeberangan yang dioperasikan PT ASDP IF, tahun ini akan diberlakukan tiket elektronik di 17 pelabuhan. Di antaranya Pelabuhan Penyeberangan Ketapang--Gilimnuk, Padang Bei--Lembar, dan Kayangan--Pototano.

Kunjungan SBY

Sementara itu, hari ini (16-6), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninjau Pelabuhan Bakauheni. Selain meninjau pengoperasian tiket elektronik, SBY juga sekaligus mencoba menggunakan transportasi penyeberangan kapal cepat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lampung Sutoto didampingi Kepala Bidang Humas Diskominfo Heriyansyah mengatakan kedatangan SBY ke Lampung selain berkampanye, juga meninjau Pelabuhan Bakauheni. Rencananya dalam peninjauan pelabuhan itu, Presiden mencoba menumpang kapal cepat menyeberang ke Pelabuhan Merak. "Kalau ke Bakauheni, kunjungan kerja sebagai presiden," kata Heri saat dihubungi di Pemprov, kemarin. n AL/MG10/K-3

disadur total dari LAMPUNG POST